Rabu, 30 Januari 2013

KISAH NYATA SAAT KESETIAAN DIBALAS DENGAN PENGHIANATAN

" SAKITNYA jika KESETIAAN dibalas dg PERSELINGKUHAN "


Ini kisah nyataku...perkenalkan namaku Rohmat Johari..lahir di Gunungkidul,umurku 22th pas tgl 15 februari 1991 besuk,,
okeey...
kisah ini mengisahkan perjalanan hidup aku dari kecil hingga sekarang yg akhirnya harus berakhir dg airmata...

dulu aku dilahirkan di padukuhan kajar 2..ditempat asli ayahku,,aku anak pertama dari ayah dan ibuku,,ibuku dari kajar juga..cuma beda padukuhan,yaitu kajar 3...
dia manis..lugu...imut...dan bagiku dia cantik...
yaaaa...aku tau itu cuma cinta monyet...dan aku mulai bisa merasa senang deket dengannya.....

semenjak kecil aku dibesarkan dirumah ayah,hingga aku bersekolah masuk SD (sekolah dasar )..sejak itu pula aku punya temen namanya SISKA HARIYANTI,rumahnya tak jauh dari rumah ayah waktu itu,,sekitar 200m,, umurnya 4bulan lebih tua dariku..
aku juga punya saudara sepupu,,namanya DWI.aku jg punya temen cowok,namanya FREDA,, sejak kecil kita suka bermain bersama..
dulu kita sering main bareng2..bahkan mandi pun kita bareng...

akhirya disaat umurku 8th..aku terpaksa harus ikut pindah bersama ayah & ibu aku ke kajar 3..tempat asli ibuku...
saat itu pula aku agak jauh ma dia..
tapi untung kita masih 1 sekolah..1 kelas...
kalian tau gak ??
dia pinter lho...aku selalu bersaing rangking kelas ma dia..merebutkan juara 1 dan 2....
aku semakin suka ma dia...itulah awal dari perkenalanku.....
...dan akhirnya kitapun putus komunikasi sejak kita Masuk SMP...karna kita beda sekolah...huhuh...sedih...

3th pun berlalu tanpa kabar...hingga aku mulai masuk ke SMK...aku denger dari teman..kalau dia gak nerusin pendidikannya...DIA kerja di jogja..di salahsatu toko FOTOCOPY ALA**N,,di jalan HOS.COKROAMINOTO Yogyakarta...

waktu itu aku kelas 3 SMK...
aku bahagia banget..akhirnya aku bisa deket lagi,,walaupun cuma sekedar sms atupun telfon....
hingga akhirnya aku beranikan diri untuk bertemu dia....aku kenalkan dia sama teman2ku..dia dia juga waktu di Sekolah Dasar...
dia akraaabbb banget ma teman2 ku..hingga akhirnya.airmatakupun mulai perlahan jatuh..entah kenapa,,,
rasanya aku tak rela,,,aku cemburu....
apalagi aku dengar,,,,dia pacaran ama teman dekatku.gk cuma 1,tp 2 temanku di pacarin..sungguh sakit....
tp aku memang bodoh...aku belum pernah bilang ke dia kalau aku cinta ma dia...bodoh banget...

saat itu aku belum pernah pacaran,,aku pemalu..aku ngerasa aku jelek..tak se cakep temen2ku...siiiaaalll....
tau gk..biasanya kita sms an tiap hari..tp saat dia pacarin temen deketku..hp aku sllu aku matiin...aku gk mau ganggu kebahagiaan mereka...aku mencoba sabar dan ihklas...
hingga akhirnya dia berani temui aku,,,

" mat,,kenapa tow akhir2 ini kamu menjauh dariku... "
" aku pengen curhat banyak ma kamu..."

akhirnya aku pun sms an lagi ma dia...
dia curhat semuanya...dari mantan pertamanya sampe yang terakhir saat itu...
hatiku sakit banget..tp aku sllu bisa tutupin itu..
saat itu pula aku suka lagu AOB judulnya "BODOHNYA DIRIKU"
aku gk mau persahabatan kita rusak karna cintaku...

akhirnya mereka cma bertahan 3bulan..dan putus...

aku mulai deketin dia lagi ...

kalian tau ...saat kita mulai dekat lagi...ternyata dia mengaku kalau dia nunggu aku...
nunggu gimana maksudnya..?? kalian mungkin bertanya itu...
ternyata dia menunggu aku menyatakan cinta....
dia diam2 juga suka ma aku....aaahhh...bodoh banget aku...boooodddooohhh...

akhirnya aku beranikan diri mengungkapkan isi hati aku dengan malu2...di kamarku...wahhh...waktu itu kita dah biasa masuk kamar..keluargaku ma keluarga dia dah akrab banget..

hemmm..kita pun pacaran...

3th berjalan dengan sedikit permasalahan...tp bisa kita selesaiin berdua...
3th itu pula aku cuma berani mencium pipinya...
3th kita membuat sebuah janji-janji manis kita berdua
3th kita membayangkan kebahagiaan kita dimasa mendatang....

akhirnya kita sepakat untuk bersungguh2...dan ternyata orangtua kita udah membahas pernikahan kita...
dan kita bersepakat untuk menunda itu...menunggu kita menyiapkan segalanya....mental dan bekal uang untuk menikah....


di perjalanan tahun ke 4 itulah aku mulai berani mencium bibirnya untuk pertama kali dalam hidup kita...
pertama kali buat aku..dan pertama kali buat dia...
hubunganku pun semakin berani..semakin senonoh...* jangan mikir yg aneh2 ya *
tp kita sepakat untuk tidak berlebihan....

" sayang...aku mau malam pertama kita nanti special.."
" oke...kita buat janji ya....kita jaga status kita..."
" janji sayang..."
emmuuuaacccch...akupun cium keningnya

hidupku serasa harmonis..hidupku serasa sempurna saat itu.
kiatpun saling percaya....karena cinta...

waktu itu dia masih kerja di FOTOCOPY tersebut...dia pulang hanya 1 / 2 kali sebulan...
kadang aku jemput dia..kadang dia pulang sendiri gk bilang2..katanya mau bikin surprice buat aku...aku seneng banget...

pernah aku dikerjain ampe aku nangis didepan kita...
ceritanya gini...

semingggu sblum ultah aku..dia sllu cari2 masalah..dan aku terjebak dlm masalah itu...
dia diemin aku selama 1 minggu...eh ternyata dia sengaja mau ngerjain aku...pas tiba malam ultah aku,,dia pulang
aku suruh ketempat dia untuk minta maaf..akupun bergegas kesana...
aku kaget...
aku dihadapin dengan kue tar yg diatasnya ada lilin 20th....

" Selamat ulang tahun ya sayang...maafin aku udah diemin kamu..."
" aku sengaja bikin surprice ini..." *sambil mencium keningku dan pipiku kanan kiri...

aku seneng banget...jujur baru pertama kali ini aku di perilakukan begitu oleh wanita...
itu pertama kali juga ultah aku ada kue tar...biasanya juga gk ad apa2...

" makasih sayang..aku gk akan lupain ini semua.."

akupun bisa balas itu..
saat dia ultah...aku belikan dia kue tar yg besar..
serta kado special untuknya...

aku pesan diGRAMEDIA sebuah AL-QUR'AN besar+full colour+berkilau karna lapisan glosy dan lumayan mahal...
aku belikan dia sebuah jam tangan juga
aku bungkus rapi berharap dia suka semua itu....




pasti kalian berfikir....mana perselingkuhanya....???

tenang kawan..ini baru kisah kesetiaan cintaku untuk dia...
dibaca lagi yukk....
msih banyak airmata di kisahku ini...oke...ni kisah selanjutnya...



tahun 2012"

september,25
dia ultah...ke 22th
malam ultah aku bener2 gk bisa ketemu dia...aku cm bsa ucapin lewat telepon...

" met ultah ya cha...kadonya menyusul...maaf aku gk bisa ucapin ini langsung didepanmu..."
" makasih pim...kamu inget aj aku bahagia banget..emmuach.."

oh iya...hampir lupa....kita punya nama panggilan favorit kita..... " PIMPIM & CHACHA "
pimpim itu aku...
dan chacha itu dia...


semenjak itu sikap dia perlahan berubah...aku mulai merasakannya....

dlu dia sllu perhatian ke aku...
knpa sekarang dia cuek ma aku...
kenapa..???
tiap hari dlm hati aku sllu berfkir knapa..???...tanpa jawaban...


november,9
hari ini adiku nikah,,,sbnarnya dlu kita prnah ditawari untuk nikah bareng ma adik ku...tp kita yg nolak karna blm siap dana.....
ortu dia ikut merayakan pernikahan adiku...mreka dah anggep keluargaku bagian keluarga mereka...
dan chacha pun ijin pulang hari itu..pas hari jumat,,,,
akupun dah lupain kecurigaan aku,,karna dia selalu bisa percayain aku...akupun begitu aj percaya...karna cinta...
dia juga gk kelihatan nyembunyiin sesuatu dariku....
sesampe dirumah aku...ortu aku dah nyiapin seragam khas keluarga besar ku...batik ungu yg keliatan unyu2...dia pun suruh memakainya...
kita foto2 bareng sekeluarga....kyak layaknya keluarga besar gitu.....

awal desember 2012
dia dah kerja lagi....
dia semakin jarang perhatiin aku...
semakin khawatir hatiku...tanpa curiga sedikitpun aku jalani semua....

FACEBOOK...
kalian semua tau apa itu...
disitulah aku mulai tambah kecurigaan aku...tp tetap saja bs begitu aj diyakinkan ma dia...
di jejaring sosial itu,,,ada nama Shorahoshi Rhintzhawa....
dia temen kerja dia 1 toko....toko dia termasuk banyak...ada skitar 15 lebih karyawan cewek maupun cowok...

Shorahoshi Rhintzhawa...nama yg indah...." besur " begitulah orang memanggilnya....
di facebook...kekasih aku coment2nan ma dia...
pertama aku anggep wajar,,dia kan temen 1 kerjaan...1 mes pula..

besur...
dia ganteng...tapi kata2 dia sllu gk senonoh...aku benci banget ama itu orang...
sebenarnya siska jg pernah cerita ma aku..kalau dia benci banget ama besur itu...dia pernah banting kursi didepan dia gara2 rebutan nonton film....

facebook...
mereka semakin kelihatan akrab banget...aku bilang ma chacha...
" cha ..jangan terlalu akrab ya ma temen kamu yg namanya besur.." ...aku memohon
" knpa tow pim...dia khan temenku..masak gk boleh..."

jawaban dia seolah2 selalu bela besur...
dia gk pernah bela aku sedikitpun....

aku semakin hancur saat itu..

desember, 20
"pim, aku udah ijin keluar dari kerjaan ini.aku pengen karja diwonosari aj,insya allah tgl 1 aku balik"
akupun setuju sekali dengan kemauan dia,,

desember, 21 malam
lagi lagi besur...difacebook dia selalu bikin aku cemburu...
ulah dia,,tingkah dia sooookkkk....
upload foto tanpa baju....
cewek gue like foto itu,,,aku melarang calon istri aku...tp jawabanya...
" kenapa tow pim...aku cuma like aja kok..kamu sekarang jd cemburuan banget.."

akupun mengalah dengan kekecewaan jawaban dia...

desember, 31 ...(malam tahun baru)
ini adlah malam special...selain malam tahun baru...malam ini adlh malam tahun jadian kita....
 dia gk bisa balik..padahal aku pengen banget bisa melewati malam itu dengan dia...

" pim..aku gk balik ya...aku pengen menikmati malam tahun baru ini dengan temen2ku..ni kan yg terakhir...maaf ya pim.."

aku pun coba ngertiin kemauan dia...

desember, 31 jam 22.00

malam itu hujan turun..gk berhenti2
aku sms dia,,,,
"cha ujan ni..jd maen ma temen2 u gk..?? "
" gk tau ni...mudah2an aj cepat reda.."

cuek banget jawabe..
dirumah aku pilih untuk tidak maen..aku tidur dirumah dengan perasaan kecewa...

jam 23.00 hujan pun blm jg reda...dia sms lg

"pim kayake batal ni rencana mainnya...huh..."
dia keliatan kecewa bngeet..aku hibur dia...dan dia pun tak lama kemudian jwb..:
" pim dah reda..aku maen dulu ya...hp aku cas di kamar ..."

dengan sabar aku sms dia..:
" selamat tahun baru ya cha..selamat tahun baru juga buat hubungan kita...mudah2an makin langgeng..."
" maaf aku cma bisa ucapin lewat hp...maaf jg aku ucapin sekarang...aku takut ketiduran...mudah2n nanti setelah kamu pulang,,kamu baca sms aku ini,,,,"
" pim sebenarnya aku pengen didekat kamu saat ini..menikmati malam tahun baru berdua...menanti ultah hubungan kita yg ke 4th...tp gk pa2...aku ihklas demi kamu..met bersenang2 cha..."

januari, 1 2013...

pagi itu dia bilang mau pulang..tapi mau jalan2 dulu ma teman2...
aku pun maen sendiri ma temen2 aku ke kaliurang...

aku buka fb..temen akrab dia update status...
" ya ampun..tahun baru mau maen malah kjatuh dari motor..."

haahh...pikirku ke chacha..bagaimana dia skrang,,apa dia gk pa2..

baru nyampe kaliurang aku buru2 pengen balik...
aku sms temennya..imah namanya,,,

" im...katannya jatuh...siska gk pa2 kan..?? "
aku kaget banget..atas jawaban dia

"siska bukane balik tadi pagi mat..jam setengah 8 dah pulang dia...blm nyampe rumah po..?? "

aku sms dia..gk diblz...aku telfon keluarga dia
mereka bilang belum nyampe rumah dia

trus kemana dia pikirku...aku sms trus tetep gk diblz...

jam 19.00
...hpku bunyi..dari dia...
" pim aku baru nyampe nih...capek banget.."
" dari mana aj..??
" dari maen..bukane aku dah bilang ma kamu ..?
" ma ciapa..trus kemana..??
" ma temen2..ke borobudur.."

dari jawaban dia..dia bohong banget...temen2nya maen ke monjali.( monumen jogja kembali )

aku gk mau ribut sekarang..aku pengen tanya baek2...

" aku tak kesitu ya "
" gk usah..aku capek...aku mau mandi trus tidur...besok aja pim,,"

aku coba ngertiian dia lagi...

januari, 2
jam 09.00 WIB
aku berangkat kerja...tiba2 aku di sms ama adiknya...
" mas...mbak siska aneh.."
" kenapa..?? "
" kayake ada cowok special lg di kehidupannya.."

aku tanya langsung ke besur lewat sms

" sur,,ada hubungan apa kamu ma siska ..?..jawab jujur.."
" maaf mas...siska belum ngomong pow..?? "

aku semakin hancur...kerja gk tenang

jam 09.30 WIB

aku lari bolos kerja..aku kerumah dia..
sampe dirumah dia...aku lari tepat dihadapan dia sambil menahan airmata yg sllu pengen keluar...
aku minta paksa hpnya...

" ada apa pim..kok nangis..?? "

aku gk jwab apa2...aku buka hpnya...tp gk bisa

hp nya dikasih sandi

sambil nangis aku memohon
" cha aku mohon kamu ju2r..ada apa sih cha kok selama ini kamu jauhin aku..aku salah apa..?
sampe2 u tega bohongin aku...?? "

" aku bohongin apa ..? "

aku pun tak tahan lgi nahan airmataku...aku minta sandinya..dia ikut menangis sambil membantu bukain sandi hp tersebut

aku baca semua sms dia...

ini sms dia ma besur...

" ayy..rohmat sms aku..dia belum kamu kasih tau po tentang kita..?? "
" blm ayy..rencana aku nanti malem ayy..kamu gk usah takut.."
" oke ayy..yadh..aku sayang kamu...emmmmuuuuuuaacchh.."
" emmmmmuuuuuuuaaaaaccchh..."

hatiku makin hancur...remukk..airmataku makin deras bercucuran...

" apa in cha...aku mohon jawab jujur...ini apa apaan cha...?? "
kemarin kamu kemana aja cha..jwab ju2r...

diam diam dan diam dia..sambil nangis...akupun bersujud dihadapan dia

" apa salah aku cha...bilang cha..apa salah aku...aku minta maaf cha.."

dia bangkit seperti mengusirku dari sujudku...dia lari kekamarnya...nangis trus

" kamu gk salah pim...aku yg salah...aku dah jahat ma kamu..sekarang kamu tahu semuanya..."
" aku dah gk pantes buat kamu...tinggalkan aku...kamu pantes dapatin wanita yg lebih baek dariku.."
" aku dah banyak berdosa ma kamu...aku bohongin kamu..aku men ke solo sama besur.tanpa sepengetahuan kamu.."

saat itu aku bingung...aku harus gmana...sedih..marah..semua beraduk jadi satu
aku peluk dia...sambil berbisik ditelinganya

" cha maafin aku cha..apapun kesalahan aku..maafin aku..tp tolong jangn suruh aku pergi cha...aku sayang banget ma kamu cha..aku mohon.."
 tak dihiraukan kata2 aku...

aku marah...pengen tahu kenapa kamu bisa sperti ini

tp dia jwab

" aku jg gk tau knpa..mungkin sudah takdir..aku jg gk minta aku suka ma dia...ini anugerah yg tuhan berikan untukku...maaf...aku gk bisa cintai kamu lagi sperti dulu.."

aku desak trus biar jujur semuanya...sejauh apa mereka berhubungan

pengakuan pertama hari itu jg :
         " maafin aku pim...aku udah khianatin cinta mu..aku lakuin ini 4bulan yg lalu...maafin aku.."
akupun tidur disana...satu kamar...ortunya pun bingung ada apa sbnarnya...

hari kedua tgl 3 januari 2013 : aku bilang semuanya ke ortu dia....ortunya marah besar...
chacha pun gk berkutik....setiap menit bahkan berhari2 diam dikamar....aku setia temani dia...karna cinta

hari berikutnya...malam itu aku tidur disamping dia lagi....aku maksa lakuin hal yg aku lakuin dulu bersama dia..hal yg bisa bikin dia senang...(jangan negatif)
niatku pengen ingetin lagi semuanya...aku pengen dia cinta lagi ma aku

tp semua sia-sia...

dia tetap bersikeras inginkan laki-laki itu...nasehatku bahkan nasihat ortunya pun gak dihiraukan sama sekali...
dia aneh...itu kata-kata yg keluar dari mulut orang2 bahkan keluarganya sendiri...dia kayak bukan siska...

aku berfikir....apa dia kena jampi-jampi....siska yg aku kenal dlu tidak begini...atau apa karna aku blm tau semuanya..???

hatiku hancur..makan gk enak...kerja gk tenang,,,tidurpun gk nyenyak...sampe saat ini....
aku mencoba lagi tuk bersabar...aku bilang ke dia...
" apapun kesalhan kamu...aku bisa maafin cha...aku sayang ma kamu..."

dia tak menjwab sama sekali...

hari-hariku berjalan trus menerus dengan keadaan sperti itu hingga 4 hari berikutnya...

kemudian hari berikutnya...dia mulai berubah...aku senang dengar semua itu...
perubahan itu berjalan 2hari..dia bisa tersenyum lagi...alhamdulilah...ucap syukurku beserta keluarga kami...

nha...saat itu aku pengen banget meluk dia....aku tiba2 aj meluk dia...tp apa?
dia memberontak,,,dia menangis...dia tidak mau...ada apa lagi pikirku...

dia masih belum bisa lupain dia..atau dia pura2 berubah...

aku tanyain dia knapa?

" maaf pim...aku belum bisa terima kamu sperti dulu...jangan paksa-paksa aku lagi...aku mohon..."
" kalau kamu tetap paksa aku.apalagi kamu paksa nikah...aku akan pergi dari sini untuk selamanya..."

ya ampun...kenapa jadi dia yg marah...

setiap malam aku memohon kepada ALLAH dalm doaku....aku memohon untuk kembalikan ini ke semula...

" Ya ALLAH..aku mohon maafkan hamba Mu ini ya ALLAH...Kembalikan dia padaku ya ALLAH..."
tak henti2nya aku berdoa untuk dia...

tiap malam aku menangis...tak kenal malu pada diriku sendiri
dengar kata-kata orang yg selalu sama...
" udah..tinggalkan saja dia...masih banyak wanita yg jauh lebih baik dari dirinya..."

kadang disaat aku emosi..aku berfikir itu jalan paling tepat...
tapi aku gk bisa....aku terlalu cinta ma dia....terlalu banyak kenangan diantara kita...

akupun memutuskan untuk perjuangin dia....aku ihklas...

dan sampe saat ini...aku masih perjuangin cintanya...

perlahan-lahan sikap dia memang berubah....walaupun aku selalu di tanggapi dengan sikap yang tidak mengenakkan...aku tetap sabar

semalem...tgl 28 januari 2013..
aku paksa dia lagi..aku pengen tau seberapa jauh hubungan mereka sampe dia gk bisa lupain dia...

aku bertanya lewat sms...dia jwab...

" aku ma dia cma pacaran biasa pim..."
" aku gk percya.."
 dia diam aj..aku paksa trus

" tolong hargai aku..apa kamu udah melewati batas..??"
" maksud kamu apa..?? "
" kamu udah ngapain aja ma dia..?? "

dia diam...akupun nekat kerumah dia diam-diam...aku berjalan ke teras rumah dia...kursi depan rumah yg menjadi tempat favorit kita waktu pacaran dulu...
tempat itulah yg menjadi saksi suka dan duka kita bersama...

" maaf pim aku gk suka dipaksa-paksa gini...aku pengen pergi dari rumah ini...makin lama aku makin tertekan.."
" terserah cha...keluarlah...aku dah menunggumu di tempat favorit kita dulu dari td.."

tak lama dia keluar..dengan muka marah dan benci banget ma aku...

" cha aku mohon kamu jujur semuanya...aku siap pergi jika itu yg kamu inginkan..tp aku mohon ijinkan aku pergi dengan kejujuranmu.." ( sambil menangis )
" maaf pim...aku blm siap ngomongin ini semua.."
" aku mohon cha..untuk yg terakhir kali aku memohon.."
" pim...aku bisa jujur..tp jangan marah ya setelah aku bilang semuanya.."
" iya aku janji..."

" maafin aku pim...aku udah khianatin kamu...aku berani berbuat lebih ma besur..." (dia jelaskan apasaja yg udah mereka lakuin,tp maaf aku gk bs ceritain ini pada kalian )
" tp aku masih jaga status aku pim...kamu tetep jd orang yg mengetahui semua tentang aku lebih dalam...kamu tetep takkan tertandingi oleh siapapun.."
" apapun yg pernah u lakuin ke aku...aku suka..tak ada yg bisa gantiin u...".." cuma u "
" kamu udah janji gk akan benci aku....aku dah jujur semuanya..."

aku peluk dia sambil menangis mendengar semua itu...
" cha..aku gk akan benci kamu...kamu tetep kekasih aku..kamu wanita yg aku impikan semenjak dari dulu...aku maafin semunya cha.."
" maafin aku selama aku jd bagian dari hidupmu.aku dah banyak nyakitin kamu..maafin aku..."

aku peluk dia dengan erat...aku kaget dia bisa juga tiba-tiba peluk aku dengan eratnya...
dia menangis di pelukanku...
" udah cha...jangan menangis lagi ya...aku sayang ma kamu.sampe kapanpun.." ( sambil menyapu airmatanya )
" cha..seandainya u nikah nanti...jangan lupa kabari aku ya..." ( aku cium keningnya )

tiba-tiba dia jawab...

" pim...makasih ya karena kamu gak benci ma aku..maksih karna kamu setia perjuangin aku..."
" pim..aku mohon kamu jangan pergi..aku pengen mengulang cinta ini,,.tp aku gk maksa.."

aku jwb
" aku gak akan kemana-mana,,jangan pernah berfikir kalau kamu gk pantas lagi buat aku...aku disini berjuang untk kamu...aku akan terima dg lapang dada.."
" cha aku pengen keseriusanmu..kalau kamu pengen mengulang semuanya...aku pengen kamu minta maaf dan akuin kesalahanmu didepanku..."

dia " tp untuk sekarang aku bingung bagaimana cara aku minta maaf ke kamu..."
( hatiku kecewa..dia berat minta maaf didepanku...aku lontarkan lagi jawaban)

" u cukup memohon dihadapanku langsung..kita bertatap muka...dan mintalah maaf padaku... tidak harus sekarang...kapanpun aku setia menunggu permintaan maafmu yg tulus.."

sampai saat itu pula dia berani menciumku....
aku mulai rasain dia yg dulu...

tapi sampai saat ini juga aku masih menunggu permintaan maaf itu...
berharap kamu akan ber sungguh-sungguh meminta maaf padaku...

SAMPE SAAT INI AKU MENUNGGU ITU....

JANUARI, 30
2013

PIMPIM & CHACHA


ini kisah nyataku...aku berani bertanggungjawab demi Allah
facebook : rohmatjohari@yahoo.co.id




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar